Kamis, 23 April 2015

Kaspia : Antara Danau dan Laut



Danau adalah sejumlah air (tawar atau asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas, yang dapat terjadi karena mencairnya gletser, aliran sungai, atau karena adanya mata air. Biasanya danau dapat dipakai sebagai sarana rekreasi, dan olahraga. Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. Kebanyakan danau adalah air tawar dan juga banyak berada di belahan bumi utara pada ketinggian yang lebih atas. Sebuah danau periglasial adalah danau yang di salah satunya terbentuk lapisan es, "ice cap" atau gletser, es ini menutupi aliran air keluar danau. Istilah danau juga digunakan untuk menggambarkan fenomena seperti Danau Eyre, di mana danau ini kering di banyak waktu dan hanya terisi pada saat musim hujan. Banyak danau adalah buatan dan sengaja dibangun untuk penyediaan tenaga listrik-hidro, rekreasi (berenang, selancar angin, dll), persediaan air, dll.
Laut adalah kumpulan air asin yang luas dan berhubungan dengan samudra. Laut adalah kumpulan air asin yang sangat banyak dan luas di permukaan bumi yang memisahkan atau menghubungkan suatu benua dengan benua lainnya dan suatu pulau dengan pulau lainnya. Air laut merupakan campuran dari 96,5% air murni dan 3,5% material lainnya seperti garam-garaman, gas-gas terlarut, bahan-bahan organik dan partikel-partikel tak terlarut. Sifat-sifat fisis utama air laut ditentukan oleh 96,5% air murni.
Lalu bagaimana dengan Kaspia? Masuk danau ataukah laut?


Pertama kita harus mengetahui apa arti danau itu sendiri, danau adalah suatu kumpulan air dalam suatu basin atau cekungan.
Dan menurut jenis airnya, danau di bagi 2 yaitu danau air asin dan danau air tawar. Untuk danau air tawar sudah umum, disini yang saya bahas just danau asin.
Pembentukan Danau air asin : Pada umumnya terdapat di daerah semi arid atau arid, dimana tidak adanya pelepasan air laut sehingga air yang mengisi cekungan danau hanya berkurang melalui proses penguapan. Daerah arid atau semi arid adalah daerah  yang mempunyai iklim kering dan curah hujan yang tidak menentu sekitar 700 mm pertahun dan kekeringan secara periodik. Daerah arid atau daerah iklim kering adalah daerah yang memiliki curah hujan bervariasi yaitu 50-100% dengan rata-rata hingga 350mm per tahun. Dan daerah semi arid atau daerah iklim semi kering adalah daerah yang memiliki curah hujan bervariasi antar tahunan antara 20-50% dengan rat-rata hingga 700mm.
Pembentukan danau air asin juga terjadi karena tempat yang dahulunya adalah lautan dan kemudian air laut tersebut terperangkap dalam cekungan daratan yang di sebabkan oleh berbagai macam peristiwa alam, seperti pergerakan seismik atau gempa bumi. Sehingga air asin yang terdapat pada danau air asin bersumberkan langsung dari air laut yang dahulunya adalah lautan lepas.
Danau –danau tersebut dapat surut, bahkan sampai tidak ada airnya seperti pada musim kering yang berkepanjangan.apabila danau semacam ini menjadi kering, maka tinggalah lapisan garam pada dasar danau tersebut.Dan danau seperti ini disebut danau temporer atau danau sementara, mengapa danau seperti ini memiliki sifat temporer karena kering atau surut pada saat terjadi kekeringan yang cukup lama dan terisi kembali oleh air pada saat hujan terjadi.Danau- danau yang bersifat temporer banyak terdapat di daerah arid yang memiliki kadar garam tinggi.contoh-contoh danau air asin adalah Great Salt Lake, kadar garamnya sebesar 18,6% , danau merah kadar garamnya 32%, dan danau kaspia atau yang sering di sebut dengan nama laut kaspia.
 Danau Kaspia adalah danau terbesar di dunia, sehingga saking besar dan lebarnya banyak yang menyebutnya sebagai Laut Kaspia. Laut Kaspia atau Laut Mazandaran merupakan sebuah laut yang terkurung daratan antara Asia dan Eropa (Rusia Eropa). Laut Kaspia merupakan kumpulan air terbesar di daratan, dengan luas permukaan 371.000 km², dan oleh karena itu memiliki karakteristik yang dimiliki oleh laut dan danau. Laut Kaspia sering digolongkan sebagai danau terbesar dunia, meskipun ia tidak mengandung air tawar.
Laut Kaspia dibatasi oleh Russia (Dagestan, Kalmykia, Oblast Astrakhan), Azerbaijan, Iran (provinsi Guilan, Mazandaran dan Golestan), Turkmenistan, dan Kazakhstan, dengan "steppe" Asia Tengah di utara dan timur. Pada sisi timur Turkmen terdapat sebuah "embayment" besar, Kara Bogaz Gol. Laut ini dihubungkan dengan Laut Azov melalui Terusan Manych.
Laut Kaspia bukanlah laut yang menakutkan, terbukti banyak aktivitas yang terjadi di sekitarnya. Berikut Kota besar dekat Laut Kaspia:
1.    Astrakhan, Rusia
2.    Baku, Azerbaijan
3.    Astara, Iran
4.    Derbent, Rusia
5.    Anzali, Iran
6.    Turkmenbashi, Turkmenistan (dulunya Krasnovodsk)
7.    Chalous, provinsi Mazandaran, Iran
8.    Atyrau, Kazakhstan (dulunya Guriev)
9.    Aktau, Kazakhstan (dulunya Shevchenko)
Dalam Laut Kaspia terdapat banyak sturgeon, yang melahirkan telur yang diproses menjadi kaviar. Namun, pengambilan ikan berlebihan telah mengancam populasi sturgeon ke titik yang membuat para advokat Lingkungan melarang pengambilan sturgeon seluruhnya sampai populasi mereka kembali.
Daerah ini kaya akan energi. Dan juga ladang minyak yang belakangan ini ditemukan, bukti persediaan gas alam, meskipun eksplorasi masih dibutuhkan untuk menjelaskan potensi penuhnya. Masalah utama adalah menggambarkan batasan antara lima negara yang mengelilingi laut ini. Russia, Azerbaijan dan Kazahkstan menandatangani perjanjian pada 2003 untuk membagi 64% utara laut tersebut sebagai milik mereka, meskipun dua negara lain, Iran dan Turkmenistan, tidak setuju. Ini nampaknya akan menyebabkan ketiga negara yang setuju tersebut melanjutkan pengembangan minyak, Pengembangan Iran dan Turkmenistan nampaknya masih belum bisa berjalan. Sekarang ini, Azerbaijan dan Kazahkstan telah mendapatkan peningkatan produksi minyak terbesar - peningkatan sebesar 70% sejak 1992. Meskipun begitu, wilayah ini masih mendapatkan hasil yang kurang dari pengeluaran potensialnya, dengan produksi regional total 1,6 juta barrel (250.000 m³) per hari - kira-kira sama dengan produksi Brazil. Ini diharapkan akan berlipat tiga pada 2010.
Ok fine, semoga penjelasan tadi bermanfaat..so..sekarang sudah jelaskan.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar