Jumat, 13 Februari 2015

tentang rezeki

Terkadang hati ini meradang mengingat dikantong dan didompet sudah tak ada uang. Apalagi ini masih pertengahan bulan. Sedang stok mi instan sudah tinggal separuh. Mo minta suplay dana ke orang tua...hello tengsin bok, secara usia sudah berkepala 2.masak ia masih ngemis emak bapak dikampung.oh Good.Hai....what happen that?
dan kemudian melihat lagi.sungguh kau orang yang sangat beruntung. Lihat....kau sehat, jasmani dan rohani. Masih lengkap segala pancaindra. Oke  mungkin kau tak ada uang di kantong, tapi kau tidak akan kelaparan.masih ada pengganjal perut untuk beberapa hari ke depan. Masih ada air kran  steril buat persediaan minum. Kurang apa coba?pembatas antara haq dan bathil adalah rasa syukur itu is. Ok sering kau mendengar syukur itu ndak ada batasnya...sedangkan hati untik menampung rasa syukur itu terkadang ada batasnya. Dibatasi oleh ketakutan, kepicikan, dan lain sebagainya, so now you must open your heart. Open your eyes. Diluar sana masih banyak orang orang yg tak seberuntung kamu. Untuk urusan rezeki jangan pernah melihat keatas, tapi luhatlah ke bawah. Sedang untuk urusan amal ibadah, lihatlah ke atas. kau tidak ada apa apanya dengan merèka yg berada digaris terdepan kesyahidan.
back to the point : Ada 4 cara Allah SWT memberikan rezeqi kepada semua makhluknya sbb:

1. Rezeqi tingkat pertama (yg dijamin oleh Allah). "Tidak suatu binatangpun  (termasuk manusia) yg bergerak diatas bumi ini tidak dijamin oleh Allah rezeqinya" (QS.11:6).
Artinya Allah memberikan makan, minum, kesehatan, untuk seluruh makhluk hidup di dunia, ini rezeqi dasar yg terendah.

2.Rezeqi tingkat kedua "Tidaklah manusia mendapat apa apa, kecuali apa yg telah dikerjakannya" (QS.53:39).
Artinya Allah akan memberi rezeqi sesuai apa yg dikerjakannya.

3.Rezeqi tingkat tiga, "Sesungguhnya jika kamu brrsyukur, pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu, jika kamu mengingkari nikmatku, maka sesungguhnya azab Ku sangat pedih" (QS.14:7).
Inilah rezeqi yg disayang Allah, orang2 yg pandai bersyukur akan dapat merasakan kasih sayang Allah dan mendpt rezeqi yg lbh banyak. Itulah janji Allah, orang yg pandai
bersyukurlah yg dpt hidup bahagia, sejahtera dan tentram.

4. Rezeqi tingkat empat untuk orang orang beriman dan bertaqwa.
"Barangsiapa yg bertaqwa kepd Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezeqi dari arah yg tiada disangka sangkanya, dan barangsiapa yg bertawaqal kepd Allah niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yg dikehendaki Nya, sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap tiap sesuatu" (QS.Ath Thalaq.65:2-3).
Peringkat  rezeqi yg keempat ini adalah rezeqi yg istimewa, tdk semua orang bisa meraihnya. Orang istimewa ini (muttaqun) adalah orang yg benar benar dicintai dan dipercaya oleh Allah untuk memakmurkan stau mengatur kekayaan Allah dibumi.

Jadi jgn galau, takut, risau semua rezeqi setiap makhluk dibumi sdh dijamin Allah, sekarang bagaimana cara kita dpt meraihnya.

 "Allah tak akan merubah nasib suatu kaum, jika kaum tersebut tidak mau merubah nasibnya. So now you must #
Ubah mindset
ubah kebiasaan
perluas rasa syukur
dan Booooom, insyaAllah proposal kebaikanmu akan disetujui sama Allah..good luck

Tidak ada komentar:

Posting Komentar